Oleh: Abu Ghathfan | 16 Mei 2009

CARA SEDERHANA MENDIDIK ANAK MENJADI SEDERHANA




Foto(486)

Survey membuktikan bahwa salah satu pembentuk watak / karakter anak adalah perilaku orang tua. Dari sekian banyak faktor, saya akan membahas salah satu faktor yaitu anak yang selalu dipenuhi permintaannya akan cenderung membangkang terhadap orang tuanya. Di bandingkan anak yang di beri limit dalam pemenuhan keinginannya sebatas kebutuhan penting saja, maka karakter anak cenderung menurut dan patuh terhadap orang tua.

Dalam hal ini terdapat kesulitan bagi orang tua kaya, dengan tersediaanya financial maka segala permintaan anak selalu dipenuhi. Berawal dari usia balita sampai remmaja biasanya dalam bentuk mainan dari yang paling murah sampai yang termahal. Misalnya untuk anak perempuan berupa boneka, accessories dan lain-lainnya sedangkan untuk anak laki-laki berupa mobil-mobilan, playstation dan lain-lainnya. Kadang-kadang orang tua merasa iba atau kasihan bila anak meminta dibelikan mainan dan orang tua sendiri menyepelekan jumlah nominal yang dikeluarkan, hal ini tejadi secara terus menerus sampai menginjak usia remaja.

Ketika anak mencapai usia remaja permintaannya akan meningkat biasanya untuk jenis laki-laki berupa sepeda motor, peralatan musik, alat komunikasi dan sebagainya sedangkan anak perempuan berupa fashion, alat komunikasi dan sebagainya.

Semua itu adalah perwujudan dari keinginan anak dari balita hingga remaja, tinggal kita sebagai orang tua harus pandai memilah-milah mana yang keinginan dan mana yang kebutuhan. Kita tidak harus menolak semua permintaan anak tetapi harus ada filter yang mengendalikan pemenuhannya dan bukan berdasarkan kemampuan kita semata dalam memenuhinya, dengan konsekuensi anak akan ngambek atau marah, tetapi kita sebagai orang tua tidak perlu khawatir bila ini diterapkan sejak dini akan mudah diatasi.

UntukĀ  solusinya ada beberapa tips sebagai berikut :

  • Berikan mainan yang sederhana kalau bisa buatan sendiri atau handmade, meskipun kita mampu membeli yang termahal, ini akan menumbuhkan kreatifitas anak. Contoh : Mobil mainan dari kulit jeruk Bali atau karton bekas kemasan, pesawat atau kapal dari kertas lipat, merangkai bunga dan hiasan dari bekas kemasan dan sebagainya.
  • Bila harus memerlukan sepeda motor untuk keperluan transportasi ke sekolah, usahakan memilih kriteria hemat bahan bakar jangan memilih berdasarkan mode atau speed, ini akan menumbuhkan sikap hemat dan rasa menghargai setiap sen penghasilan orang tua.

Hal ini memang sudah banyak di ketahui para orang tua namun mereka tidak sadar telah melalaikannya atau mengalami kesulitan dalam mempraktekannya, diperlukan kedisiplinan tinggi untuk mewujudkannya.

Silahkan mencoba, bila mempunyai tips tambahan silahkan koment untuk kemajuan kita bersama

About these ads

Responses

  1. Setuju sekali, terkadang sebagai orang tua kita bisa memberikan mainan yang handmade tapi dari lingkungan rumah dan sekolah bukannya anak-anak kita melihat yang bagus, mahal dan mewah? pengalaman sy anak-anak suka kita libatkan dalam membuat kue, memasak dan lain-lain agar mereka juga tau proses…
    Nice info…salam kenal dan semoga sukses

  2. Terimakasih, semoga kita bisa menjadi teladan bagi mereka.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: